cek

Senin, 30 November 2015

Teknik pemesinan










Teknik Permesinan
Selayang Pandang
Program Keahlian : Teknik Mesin
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Permesinan


Program keahlian Teknik Permesinan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
  • Melakukan pekerjaan sebagai teknisi Permesinan secara mandiri atau wirausaha.
  • Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bidang Permesinan yang ada di dunia usaha dan dunia industri.
  • Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang Permesinan yang profesional.
DASAR KEJURUAN
SKL
  1.     Mampu menjelaskan kekuatan bahan dan komponen mesin
  2.     Mampu menjelaskan dasar kelistrikan dan konversi energi
  3.     Mampu menjelaskan dasar perlakuan logam
  4.     Mampu menjelaskan dasar teknik mesin
  5.     Mampu menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
TUJUAN
Mampu mengimplementasikan dasar kejuruan dalam mengoperasikan
pada pekerjaan teknik pemesinan selanjutya.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Menggunakan peralatan
pembanding dan/ alat ukur dasar) sebagai berikut:
  1.     Kekuatan bahan dan komponen mesin
  2.     Dasar kelistrikan dan konversi energi
  3.     Dasar perlakuan logam
  4.     Dasar teknik mesin
  5.     Deselamatan dan kesehatan kerja (K3)
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Memahami dasar kekuatan bahan dan komponen mesin
1.1         Mendeskripsikan prinsip dasar mekanika
1.2         Menjelaskan komponen/elemen mesin

  1. Memahami prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi
2.1         Mendeskripsikan prinsip dasar kelistrikan mesin
2.2         Mendeskripsikan prinsip dasar motor bakar
2.3         Menjelaskan prinsip dasar turbin

  1. Memahami proses dasar perlakuan logam
  2. Memahami proses dasar teknik mesin
3.1         Menjelaskan pembuatan dan pengolahan logam
3.2         Menguraikan unsur dan sifat logam
3.3         Mendeskripsikan proses perlakuan panas logam
3.4         Mendeskripsikan proses korosi dan pelapisan logam
3.5         Mendeskripsikan proses pengujian logam
4.1         Menjelaskan proses dasar pemesinan
4.2         Menjelaskan proses dasar pengelasan
4.3         Menjelaskan proses dasar fabrikasi logam
4.4         Menjelaskan proses dasar pengecoran logam
4.5         Menjelaskan proses dasar pneumatik dan hidrolik
4.6         Menjelaskan proses dasar otomasi

  1. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
5.1         Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
5.2         Melaksanakan prosedur K3.


 B.KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Melaksanakan penanganan material secara manual
SKL
1.1   Mampu mengangkat material secara manual
1.2   Mampu menggerakkan/mengganti material secara manuasia
TUJUAN
Mampu mengangkat dan menggerakkan/mengganti material secara manual
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Melaksanakan penanganan
 material secara manual) sebagai berikut:
  1.   Mengangkat material secara manual
  2.   Menggerakkan/mengganti material secara manual
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Melaksanakan penanganan material secara manual

1.1.       Mengangkat material secara manual
1.2.       Menggerakkan/mengganti material secara manual
  1. Menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
SKL
  1.   Mampu menjelaskan cara penggunaan peralatan pembandingan dan/atau
         alat ukur dasar.
   2.   Mampu  menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
         sesuai posedur.
   3.    Mampu memelihara peralatan pembandingan dan/ atau alat ukur dasar.
TUJUAN
  1.     Mampu melaksanakan pengukuran dan pemeriksaan pada benda-benda
obyek ukur dengan menggunakan alat ukur ( dasar) presisi rendah, cukup dan sedang serta dapat menggunakan alat ukur bantu dan pembanding sesuai dengan standar prosedur operasi.
   2.     Mampu memelihara peralatan pembandingan dan/ atau alat ukur dasar
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Menggunakan peralatan
pembanding dan/ alat ukur dasar) sebagai berikut:
  1.     Peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
  2.    Teknik pengukuran
  3.     Penyimpanan dan pemeliharaan alat-alat ukur.
  4.     Pemeriksaan dan kalibrasi alat-alat ukur
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. 2.    Menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar


2.1.  Menjelaskan cara penggunaan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
2.2.  Menggunakan peralatan pembandingan dan/atau alat ukur dasar
2.3.  Memelihara peralatan pembandingan dan/ atau  ukur dasar

 3. Mengukur dengan alat ukur mekanik presisi
SKL
  1.     Mampu menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi
  2.     Mampu  menggunakan alat ukur mekanik presisi sesuai posedur.
  3.     Mampu memelihara alat ukur mekanik presisi.
TUJUAN
  1.    Mampu melaksanakan pengukuran dan pemeriksaan pada benda-benda
obyek ukur dengan menggunakan alat ukur mekanik presisi sesuai dengan standar prosedur operasi.
  1.    Mampu memelihara alat ukur mekanik presisi
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengukur dengan alat ukur
 mekanik presisi) sebagai berikut:
  1.   Alat ukur mekanik presisi
  2.  Teknik pengukuran
  3.   Penyimpanan dan pemeliharaan alat-alat ukur.
  4.   Pemeriksaan dan kalibrasi alat-alat ukur
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Mengukur dengan alat ukur mekanik presisi

3.1     Menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi
3.2     Menggunakan alat ukur mekanik presisi
3.3   Memelihara alat ukur mekanik presisi
 4. Menggunakan perkakas tangan
SKL
  1.    Mampu menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan.
  2.    Mampu  menggunakan macam-macam perkakas tangan sesuai posedur.
TUJUAN
Mampu  menggunakan macam-macam perkakas tangan dalam kehidupan sehari-hari.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengukur dengan alat ukur
 mekanik presisi) sebagai berikut:
  1.    Jenis, dan fungsi perkakas tangan
  2.    Menggunakan macam-macam perkakas tangan.
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan perkakas tangan

4.1    Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas tangan
4.2    Menggunakan macam-macam perkakas tangan
 5. Menggunakan perkakas bertenaga/operasi digenggam
SKL
  1.     Mampu menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga.
  2.     Mampu  menggunakan macam-macam perkakas bertenaga sesuai posedur.
TUJUAN
Mampu  menggunakan macam-macam perkakas bertenaga dalam kehidupan sehari-hari. 

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengukur dengan alat ukur
 mekanik presisi) sebagai berikut:
  1.  Jenis, dan fungsi perkakas bertenaga
   2.   Menggunakan macam-macam perkakas bertenaga.
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan perkakas bertenaga/operasi digenggam

5.1    Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga
5.2    Menggunakan macam-macam perkakas bertenaga
 6. Menginterpretasikan sketsa
SKL
  1. Mampu menyiapkan sket tangan.
  2. Mampu  mengartikan detil sket tangan.
TUJUAN
  1.  Mampu menyiapkan sket tangan.
  2.  Mampu  mengartikan detil sket tangan.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Menginterpretasikan sketsa)
sebagai berikut:
  1.    Peralatan sketsa tangan
  2.    Sketsa tangan
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Menginterpretasikan sketsa
 
6.1         Menyiapkan sket tangan
6.2         Mengartikan detil sket tangan
7.  Membaca gambar teknik 
SKL
  1.  Siswa mampu meendeskripsikan gambar teknik
  2.  Siswa mampu  memilih teknik gambar yang benar
  3.  Siswa mampu  membaca gambar teknik
TUJUAN
  1.  Siswa mampu mendeskripsikan gambar teknik
  2.  Siswa mampu  memilih teknik gambar yang benar
  3.  Siswa mampu  membaca gambar teknik.   

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Membaca gambar teknik)
sebagai berikut:
  1.  Memilih gambar teknik
  2.  Membaca gambar teknik
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Membaca gambar teknik
 
7.1         Mendeskripsikan gambar teknik
7.2         Memilih teknik gambar yang benar
7.3         Membaca gambar teknik
 8. Menggunakan mesin untuk operasi dasar 
SKL
      1.     Siswa mampu menyiapkan  mesin yang akan digunakan untuk operasi dasar.
      2.     Siswa mampu  mengoperasikan mesin perkakas untuk pekerjaan dasar sesuai
   dengan prosedur.
TUJUAN
      1.     Siswa mampu menyiapkan  mesin untuk operasi dasar dalam kehidupan sehari-hari.
      2.     Siswa mampu  mengoperasikan mesin perkakas untuk pekerjaan dasar dalam kehidupan                   sehari-hari.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Menggunakan mesin untuk opersai dasar) sebagai berikut:
  1.  Mengeset mesin.
  2.  Mengoperasikan mesin.
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. 8.    Menggunakan mesin untuk operasi dasar

 
8.1.  Menjelaskan cara mengeset mesin
8.2.  Menjelaskan cara mengoperasikan mesin
 9. Melakukan pekerjaan dengan mesin bubut
SKL
  1.  Siswa mampu memproses bentuk permukaan pendakian
  2.  Siswa mampu mengoperasikan mesin bubut.
  3.  Siswa mampu melaksanakan proses memperbesar lubang, membor, mereamer, membuat ulir  tunggal, memotong dilakukan sesuai spesifikasi.
  4.  Siswa mampu memeriksa kesesuaian komponen dengan spesifikasi 
TUJUAN
  1.  Siswa mampu mengoperasikan mesin bubut dalam kehidupan sehari-hari.
  2.  Siswa mampu melaksanakan proses memperbesar lubang, membor, mereamer, membuat ulir tunggal, memotong dilakukan sesuai spesifikasi.
  3.   Siswa mampu memeriksa kesesuaian komponen dengan spesifikasi.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Melakukan pekerjaan dengan mesin bubut) sebagai berikut:
      1.      Bentuk permukaan pendakian
      2.      Teknik pengoperasian mesin bubut
      3.      Memperbesar lubang, membor, mereamer, membuat ulir tunggal, dan
             memotong.
      4.      Pemerikasaan komponen.
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. 9.         Melakukan pekerjaan dengan mesin bubut



9.1.        Memproses bentuk permukaan pendakian
9.2.        Menjelaskan teknik pengoperasian mesin bubut
9.3.        Mengoperasikan mesin bubut
9.4.        Memeriksa komponen sesuai dengan spesifikasi

 10. Melakukan pekerjaan dengan mesin frais
SKL
  1. Siswa mampu Menerapkan pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan  mesin frais  sesuaiPOS
  2. Siswa mampu Menerapkan pengetahuan dan keterampilan  mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya.
TUJUAN
     1.     Siswa mampu mengoperasikan mesin frais dalam kehidupan sehari-hari
     2.     Siswa mampu melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin frais dalam kehidupan                    sehari-hari.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Melakukan pekerjaan dengan mesin frais) sebagai berikut:
  1.  Mengeset mesin frais vertikal, horizontal dan universal
  2.  Mengoperasikan mesin frais vertikal, horizontal dan universal
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. 10.     Melakukan pekerjaan dengan mesin frais




10.1     Menjelaskan cara pengoperasian mesin frais
10.2     Mengoperasikan mesin frais
10.3     Mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya.

 11. Melakukan pekerjaan dengan mesin gerinda
SKL
  1.   Siswa mampu menentukan kebutuhan kerja
  2.   Siswa mampu memilih roda gerinda dan perlengkapannya
  3.   Siswa mampu menjelaskan cara pengoperasian mesin gerinda
  4.   Siswa mampu mengoperasikan mesin gerinda
  5.   Siswa mampu memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik
TUJUAN
  1.   Siswa mampu memilih roda gerinda dan perlengkapannya
  2.   Siswa mampu mengoperasian mesin gerinda
  3.   Siswa mampu memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Melakukan pekerjaan
dengan mesin gerinda) sebagai berikut:
  1.  Menyiapkan peralatan gerinda
  2.  Mengoperasikan mesin gerinda
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Melakukan pekerjaan dengan mesin gerinda

11.1     Menentukan kebutuhan kerja
11.2     Memilih roda gerinda dan perlengkapannya
11.3     Menjelaskan cara pengoperasian mesin gerinda
11.4     Mengoperasikan mesin gerinda
11.5     Memeriksa komponen-komponen untuk kesesuaian secara spesifik

 12. Menggunakan mesin bubut (kompleks)
SKL
  1. Siswa mampu melakukan persiapan kerjaan secara tepat.
  2. Siswa mampu menerapkan dan mengikuti sisipan identifikasi dari organesasi standar internasional atau standar lain yang sesuai
  3. Siswa mampu melakukan berbagai macam pembubutan
TUJUAN
  1. Siswa mampu melakukan/menerapkan berbagai macam pekerjaan bubut sesuai dengan standar ISO dalam kehidupan sehari-hari 
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Menggunakan mesin bubut (Komplek)) sebagai berikut:
  1. Melakukan persiapan kerjaan secara tepat.
  2. Mengikuti sisipan identifikasi dari organisasi standar internasional atau standar lain yang sesuai
  3. Melakukan berbagai macam pembubutan
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan mesin bubut (kompleks)

12.1     Melakukan persiapan kerja secara tepat
12.2     Mengikuti sisipan indentifikasi dari organisasi standar internasional atau standar lain yang sesuai
12.3     Melakukan berbagai macam pembubutan

 13. Memfrais (kompleks)
SKL
  1. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan memasang benda kerja sesuai POS
  2. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan mengenali insert (pemasangan) menurut standar ISO
  3. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan  pengefraisan benda rumit
TUJUAN
  1. Siswa mampu mengoperasikan mesin frais dalam kehidupan sehari-hari
  2. Siswa mampu melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin frais kompleks dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Siswa mampu melakukan pekerjaan benda rumit
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Frais kompleks) sebagai berikut:
  1.  Memasang benda kerja pada mesin frais
  2.  Memilih insert sesuai dengan standar
  3.  Mengoperasikan mesin frais dengan pekerjaan pengefraisan benda rumit
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. 13.     Frais Kompleks




13.1         Memasang benda kerja
13.2         Mengenali insert menurut standar ISO
13.3         Melakukan pengefraisan benda rumit.

 14. Menggerinda pahat dan alat potong
SKL
  1. Siswa mampu menetapkan persyaratan pekerjaan
  2. Siswa mampu memilih alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai
  3. Siswa mampu menggerinda pahat dan alat potong
  4. Siswa mampu memeriksa komponen sesuai spesifikasi   
 TUJUAN
  1. Siswa mampu menetapkan persyaratan pekerjaan
  2. Siswa mampu memilih alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai
  3. Siswa mampu menggerinda pahat dan alat potong
  4. Siswa mampu memeriksa komponen sesuai spesifikasi
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Menggerinda pahat dan alat potong) sebagai berikut:
  1.  Menyiapkan peralatan gerinda.
  2.  Mengoperasikan mesin gerinda.
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Menggerinda pahat dan alat potong

14.1     Menetapkan persyaratan pekerjaan
14.2     Memilih alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai
14.3     Menggerinda pahat dan alat potong
14.4     Memeriksa komponen sesuai spesifikasi


 15. Mengeset mesin dan program mesin NC/CNC (dasar)
SKL
  1.  Siswa mampu mendeskripsikan instruksi kerja
  2.  Siswa mampu memasang fixture/perlengkapan/ alat pemegang
  3.  Siswa mampu melakukan pemeriksaan awal
  4.  Siswa mampu melakukan pengaturan mesin NC/CNC (numerical control/ computer numerical n  control)
  5.   Siswa mampu menginstruksi operator mesin
  6.   Siswa mampu mengganti tooling yang rusak
TUJUAN
  1.   Siswa mampu mengeset mesin dan program mesin NC/CNC (dasar)
  2.    Siswa mampu mengganti tooling yang rusak
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengeset mesin dan
program mesin NC/CNC (dasar)) sebagai berikut:
  1.  Mengeset mesin CNC dasar
  2.  Mebuat program CNC dasar
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Mengeset mesin dan program mesin NC/CNC (dasar)

15.1. Mendeskripsikan instruksi kerja
15.2. Memasang fixture/perlengkapan/ alat pemegang
15.3. Melakukan pemeriksaan awal
15.4. Melakukan pengaturan mesin NC/CNC (numerical control/ computer numerical control)
15.5. Menginstruksi operator mesin
15.6. Mengganti tooling yang rusak

 16. Memprogram mesin NC/CNC (dasar)
SKL
  1. Siswa mampu mengenal bagian-bagian program mesin NC/CNC
  2. Siswa mampu menulis program mesin NC/CNC
  3. Siswa mampu melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC
  4. Siswa mampu menguji coba program
TUJUAN
  1. Siswa mampu menulis dan melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC
  2. Siswa mampu menguji coba program
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memprogram mesin
NC/CNC (dasar)) sebagai berikut:
  1. Program mesin CNC
  2. Menguji coba program
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Memprogram mesin NC/CNC (dasar)

16.1.   Mengenal bagian-bagian program mesin NC/CNC
16.2.   Menulis program mesin NC/CNC
16.3.   Melaksanakan lembar penulisan operasi NC/CNC
16.4.   Menguji coba program

 17. Mengoperasikan mesin NC/CNC (Dasar)
SKL
  1.  Siswa mampu mendeskripsikan instruksi kerja
  2.  Siswa mampu melakukan pemeriksaan awal
  3.  Siswa mampu mengoperasikan mesin CNC/NC
  4.  Siswa mampu mengawasi kerja mesin/proses CNC/NC.
TUJUAN
  1. Siswa mampu melakukan pemeriksaan awal dan mengoperasikan mesin CNC/NC
  2. Siswa mampu mengawasi kerja mesin/proses CNC/NC.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan mesin
NC/CNC (Dasar)) sebagai berikut:
  1. Instruksi kerja dan pemeriksaan awal
  2. Mengoperasikan mesin CNC
SKKD
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

  1. Mengoperasikan mesin NC/CNC (Dasar)

17.1.   Mendeskripsikan instruksi kerja
17.2.   Melakukan pemeriksaan awal
17.3.   Mengoperasikan mesin CNC/NC
17.4.             Mengawasi kerja mesin/proses  CNC/NC.

Materi Produktif yang diajarkan :
  • Ilmu Bahan
  • Perhitungan Dasar Elemen Mesin
  • Perhitungan Elemen Mesin
  • Menggambar Teknik Mesin
  • Kerja Bangku
  • Teknik Las dan Pelat Dasar
  • Teknik Bubut
  • Teknik Frais
  • Teknik Gerinda
  • Teknik Pemesinan CNC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sponsor

/